Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapal Layar Motor

Kapal Layar Motor (KLM) Cahaya Rakhmat yang mengangkut semen 4.520 sak mengalami kerusakan setelah dihantam ombak besar di perairan Tanakeke, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, sekitar pukul 03.00 Wita,kemarin. Akibat terjangan ombak besar tersebut, KLM Cahaya Rakhmat yang membawa delapan penumpang, termasuk nakhoda Muchlis dan pemilik kapal H Arsyad, mengalami kebocoran di bagian belakang. Setelah mengalami kebocoran, KLM Cahaya Rakhmat yang hendak menuju Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terombang-ambing dan nyaris karam. 

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi petugas dan nelayan setempat pada pukul 17.00 Wita. Saat ini mereka berada di Polsek Mappakasunggu, sedangkan semen yang dibawa dan barang campuran lain masih berada di atas kapal sedang diamankan petugas dibantu nelayan setempat.“Saat ini kami berusaha mengevakuasi seluruh muatan kapal,” kata Kanit Reskrim Polsek Mappakasunggu Ipda Tanra Umar di Takalar. 

Dia mengatakan, petugas dan nelayan berusaha menarik badan kapal ke pulau terdekat di perairan Tanakeke. Dia mengatakan, kapal ini berencana sandar di Pulau Rajuna, Kabupaten Kepulauan Selayar, tapi terjadi insiden sehingga rencana tersebut batal. Kepala Desa Rewatayya, Pulau Tanakeke, Patahuddin mengatakan, warga bersama petugas berusaha memberikan bantuan untuk menyelamatkan penumpang dan muatan KLM Cahaya Rakhmat. “Hampir setiap tahun di wilayah ini terjadi insiden kapal tenggelam. Jadi, masyarakat sudah tidak heran jika terjadi insiden tersebut,” tandasnya.